Saturday, June 27, 2015

3 Tipe Orang Oleh Tim AW



Seorang guru memperlihatkan tiga mainan berbentuk orang kepada murid-muridnya dan meminta mereka mencari perbedaan dari ketiganya. Sekilas ketiga mainanitu berbentuk sama. Bentuk, ukuran, dan bahan materinya mirip. Namun, setelah diamat-amati, akhirnya murid-murid bisa menemukan perbedaannya. Pada ketiga mainan itu terdapat lubang-lubang. Namun, jumlah dan letaknya berbada-beda.

Dimainan pertama, ada lubang pada kedua telinganya.Dimainan kedua, ada lubang di telinga dan mulutnya.Dimainan ketiga, hanya ada satu lubang di satu telinganya.

Lalu murid-murid memasukan satu jarum kedalam lubang telinga mainan pertama. Jarum itu keluar dari telinga satunya lagi.Pada mainan kedua, ketika jarum dimasukan ke satu telinga, jaru itu malah keluar dari mulutnya.Dan dimainan ketiga, ketika jarum dimasukan, malah sama sekali tidak bisa keluar.

Sang guru pun menjelaskan, mainan pertama mencerminkan orang-orang di sekitar kita yang kelihatannya mendengarkan cerita kita dengan sungguh-sungguh dan peduli pada kita. Tapi, mereka sebenarnya hanya berpura-pura saja. Setelah mendengarkan, seperti halnya jarum yang keluar dari telinga satunya, cerita-cerita kita yang mereka dengar akan dilupakan begitu saja.

Mainan kedua adalah cerminan orang yang mendengarkan keluh-kesah kita dan tampaknya peduli kepada kita. Tapi seperti halnya dengan mainan kedua, jarum itu keluar dari mulutnya. Orang-orang seperti ini akan menggunakan cerita keluh-kesah kita atau apapun yang kita ceritakan ke mereka untuk melawan kita dengan menceritakannya ke orang lain. Atau, mereka akan membocorkan rahasia kita demi keuntungan mereka sendiri.

Mainan ketiga, dimana jarum tadi tidak keluar kamana-mana. Inilah gambaran orang-orang yang akan menjaga kepercayaan yang kita berikan pada mereka. Mereka inilah yang sejatinya bisa kita andalkan sebagai orang yang terpercaya.


Do to others as you would have them do to you. “kalaupun kita tidak bisa menjadi maianan ketiga, sebaiknya kita berkata jujur supaya kita tidak menyakiti orang lain dan diri sendiri di masa mendatang.

No comments:

Post a Comment